pengusulan kawasan hutan lindung Gunung Sebatung menjadi TAHURA (Taman Hutan Rakyat)

Penjabat Bupati Kotabaru saat berada di kementrian kehutanan

Penjabat Bupati Kotabaru saat berada di kementrian kehutanan

“Pemerintah akan mencarikan solusi terbaik buat masyarakat”. Tutur Isra di Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Bersama Staf ahli Bupati Asbili dan Mochran, serta Kepala Dinas Kehutanan Rurin, selasa (05/01).
Dikatakan Penjabat Bupati Kotabaru Dr. Ir. H. Isra yang didampingi Kepala Dinas Kehutanan Ir. Rurin maksud tujuan Pemerintah Kabupaten Kotabaru mendatangi Kementrian Kehutanan terkait pengusulan kawasan hutan lindung Gunung Sebatung menjadi TAHURA (Taman Hutan  Rakyat) berdasarkan surat Bupati Kotabaru No. 522/330/dishut/2015 tanggal 8 juni 2015, tentang permohonan perubahan fungsi kawasan Hutan Lindung Gunung Sebatung menjadi kawasan Hutan Taman Rakyat (TAHURA) dengan luasan 7.144,5 Ha.
Selain itu Pemerintah Kabupaten Kotabaru juga mencarikan solusi terhadap permasalahan terhadap kegiatan masyarakat di Gunung Bahalang yang berbenturan dengan Pasal 12 huruf c, Pasal 17 ayat 2 huruf b Undang Undang No.18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.
Dijelaskan Ibu Rurin Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kotabaru, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kehutanan akan lebih intens untuk melakukan pendekatan dan pembinaan kepada masyarakat tersebut untuk melestarikan Hutan Gunung Sebatung. Selain itu Pemerintah Kabupaten juga akan mempelajari tentang usaha memasukan lokasi kegiatan pembukaan lahan oleh masyarakat kedalam Zona Pemanfaatan di dalam kawasan TAHURA yang diusulkan Dinas Kehutanan Kabupaten Kotabaru.
Sebelumnya, ada beberapa permasalahan di Kabupaten Kotabaru yang diperkirakan 1000 Ha kawasan hutan lindung gunung sebatung dirambah masyarakat sekitarnya secara sporadis atau menyebar yang bertentangan dengan Pasal 17 ayat 2 huruf b Undang Undang No.18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Comments are closed.