Rencana Pembangunan Kota Masa Depan Di Kecamatan Pamukan

BAPPENAS RI

Penjabat Bupati Kotabaru saat berada di Kantor BAPPENAS RI

Menuju kota baru Maritim Pamukan, di Kabupaten Kotabaru, rombongan Pemerintah Kabupaten Kotabaru yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Kotabaru Dr. Ir. H. Isra mendatangi BAPPENAS RI, Senin (04/01).

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Kotabaru yang didamping Kepala BAPPEDA Kotabaru Anshar Nur dan staf ahli Bupati Mukhran dan Asbili mendengar langsung paparan masterplan pembangunan kota masa depan yang diproyeksikan di Kecamatan Pamukan, Kotabaru oleh Direktur Perkotaan dan Pedesaan Ir. Hayu Parasati, Mps.

Dijelaskannya, saat ini BAPPENAS RI berkonsentrasi untuk membuat Pamukan dapat berperan sebgai penyumbang PDRB do sektor perikanan dan perkebunan di Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai kawasan penyangga cagar alam dan sebagai kawasan strategis berdekatan dengan pengembangan kota Terpadu Mandiri Sengayam, Sungai Durian dan Kelumpang Barat.

Tambahnya, dalam hal ini BAPPENAS mempunyai misi mewujudkan Kota Baru Pamukan sebagai kawasan bisnis berbasis ekonomi maritim yang berkelanjutan tahun 2050. Dalam mewujudkan visi tersebut BAPPENAS bersama Pemkab Kotabaru mempunyai misi dengan menyediakan fasilitas pelayanan bisnis yang terintegrasi dengan pendidikan sosial budaya, meningkatkan sektor perikanan, mengembangkan industri maritim, bangunan, dan kelautan, mengembangkan potensi wisata bahari, mengoptimalkan potensi sektor pertambangan dan energi kelautan berbasis prinsip ekonomi hijau dan teknologi terbarukan menyediakan hunian ekslusif berimbang.

Menanggapi itu Kepala BAPPEDA Anshar Nur, mengharapkan adanya komitmen bersama antara Pemerintah Pusat dengan Daerah untuk mewujudkan kota baru ini, baik dalam pembinaan maupun pengangggaran dana.

Senada dengan itu, Penjabat Bupati Kotabaru Dr. Ir. H. Isra juga mengharapkan hal yg sama untuk mendapatkan komitmen Pemerintah Pusat dalam menghadapi tantangan mewujudkan Pembangunan Kota baru Maritim Pamukan.

” kita punya komitmen dan kami Pemerintah Kabupaten selalu percaya dengan Pemerintah Pusat dalam hal pemerataan pembangunan”. Ujar Isra.

Terakhir, Deputi pengembangan regional Arifin rudiyanto mengatakan bangkitnya ekonomi merupakan kemajuan dari kota baru.

Comments are closed.