Kotabaru Berpotensi Untuk Menjadi Jalur Tol Laut Indonesia

IMG_3180
“Kotabaru berpotensi untuk menjadi jalur tol laut Indonesia”. Tutur Isra.
Hal itu dikatakan Penjabat Kabupaten Kotabaru Dr. Ir. H. Isra usai mendengarkan paparan kajian pengembangan jalur tol laut oleh Dekan FIKP (Fakultas Ilmu Kelautan Perikanan) Universitas Hasanuddin Makassar Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, Msc, di ruang pertemuan kampus FKIP Makassar, Selasa (26/01).
Tambahnya, Pemerintah Kotabaru akan terus berbenah dan mempersiapkan segala hal untuk maju ke forum nasional dalam mempromosikan potensi Kabupaten Kotabaru sebagai jalur tol laut Indonesia.
Secara bersamaan, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kotabaru Dr. Ir. Anshar Nur menjelaskan potensi Kabupaten Kotabaru untuk menjadi jalur tol laut Indonesia yaitu dilihat dari letak posisi geografis yang terletak di poros dan jalur pelayaran ALKI II. Selain itu dari letak geologisnya Kotabaru bebas dari ancaman gempa dan tsunami.
Harapannya, kedepannya dalam masterplan pembangunan jangka panjang Kabupaten Kotabaru bisa mensinergikan Pengembangan Jalur Tol Laut Indonesia dengan Pusat KEK dan pengembangan Kota Baru Maritim Pamukan, sehingga Kabupaten Kotabaru menjadi kota yang berkembang pesat mendukung Indonesia sebagai Negara Maritim yang kuat.
Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, Msc Dekan FIKP Universitas Hasanuddin mengatakan saat ini Kabupaten Kotabaru sudah memenuhi prasyarat sebagai tol laut, yaitu tersediannya pengembangan pelabuhan handal di Mekarputih, inland akses yang efektif, tersedianya cukupnya muatan (batubara, perkebunan sawit, dan komoditas pertanian) serta pelayaran rutin terjadwal.
Perlu diketahui Tol Laut itu sendiri adalah sebuah terobosan pembangunan Pemerintah dengan tujuan peningkatan kesejahteraan yang selama ini timpang antara barat dan timur, antara pulau- pulau yang berkembang dengan pulau – pulau kecil.
Solusi tol laut ini adalah penyiapan kapal kapal besar untuk distribusi barang mulai dari Pulau Sumatera hingga Papua. Salah satu Konsekuensi dari penyiapan kapal kapal besar ini adalah tersedianya insfratruktur yang memadai seperti pelabuhan dan transportasi lainnya.
Peran serta Pemerintah Kotabaru dalam program ini adalah salah satu sumbangsih dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai Negara Maritim.

Comments are closed.