Mewujudkan Penetapan KEK di Desa Mekarputih, Pulau Laut Barat Kotabaru

Selangkah lebih maju, rombongan Pemerintah Kabupaten Kotabaru bersama Penjabat Bupati Kotabaru Isra kembali mendatangi Pt. Adaro dan Pt. Pelindo dalam mewujudkan penetapan KEK yang diproyeksikan di Desa Mekarputih, Pulau Laut Barat Kotabaru, Kamis (11/02).
Menurut Penjabat Bupati Kotabaru Isra, kunjungan kali ini berkoordinasi mengenai isi perjanjian yang tertuang dalam MOU (Memorandum of Understanding) untuk  pengembangan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) di Kotabaru.
“Kunjungan kali ini untuk mencari kesepakatan yang akan dituangkan dalam MOU”. Ujar Isra.
Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kotabaru Suriansyah mengatakan Inginnya MOU dapat disepakati secepatnya dan untuk studi kelayakan ada didalam PKS (Perjanjian Kerjasama).
Tambahnya, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kotabaru hanya memfasilitasi dan membantu dalam mempermudah perizinan.
Harapannya dengan banyaknya investor yang berinvestasi KEK semakin cepat terwujud dan Perekonomian semakin besar berputar.
“Dengan banyaknya investasi dari perusahaan yang tertanam di bumi saijaan, secara tidak langsung itu akan membantu terwujudnya KEK di Kotabaru”. Kata Suriansyah.
Anshar Nur Kepala BAPPEDA Kotabaru juga mengharapkan hal yang sama. Menurutnya dengan adanya Pt. Adaro dan Pt. Pelindo yang berinvestasi, diyakininya KEK Mekarputih akan cepat terwujud dan Kabupaten Kotabaru dapat semakin berkembang.
Tambahnya, saat ini, Kabupaten Kotabaru sangat layak dijadikan sebagai kawasan KEK. Hal itu dikarenakan saat ini banyak potensi sektor pariwisata dan perikanan yang bisa mendukung terwujudnya KEK di Kabupaten Kotabaru. Selain itu dari letak posisi Kabupaten Kotabaru juga sangat mendukung.
“ Kotabaru sangat layak sebagai kawasan KEK, banyak hal pendukungnya yang sudah tercipta sebelumnya di Kotabaru”. Ujar Anshar.
Dalam kesempatan itu, Perwakilan dari Pt. Pelindo dan Pt. Adaro mengatakan pada prinsipnya setuju untuk berinvestasi di Kotabaru. Namun perusahaan mengharapkan kepada Pemerintah Daerah untuk membantu jalannya proses perizinan.
“Pada prinsipnya kami berniat sekali ingin berinvestasi di Kotabaru, tapi kami juga menginginkan PemKab bisa membantu proses perizinan kami dan mencari kesepakatan yang nantinya dituangkan dalam MOU”. Ujar Denny Hermanto.
Terlihat juga hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kotabaru dan Wakil Ketua DPRD Kotabaru Alfisyah dan Mukhni.
pertemuan dengan pelindo dan Adaro

Comments are closed.