Penetapan Kawasan Ekonomi Khusus di Kotabaru

Bersama Kepala BAPPEDA Anshar Nur, Penjabat Bupati Kotabaru Isra diterima langsung oleh Sekretaris Dewan KEK Enoh Suharto Pranoto saat bertamu ke Sekretariat Dewan Nasional KEK di Jakarta dalam rangka berkoordinasi untuk mendapatkan penetapan Kawasan Ekonomi Khusus di Kotabaru.

kawasan ekonomi khusus

Dalam kesempatan itu, Isra Penjabat Bupati Kotabaru mendapat arahan dari Sekretaris Dewan KEK sehingga KEK bisa cepat terwujud dengan perencanaan yang baik.

“Kita berkunjung ke Sekretaris Dewan Nasional KEK untuk mendapatkan arahan biar perencanaan KEK bisa semakin matang dan penetapan KEK cepat terwujud”. Ujar Isra.

Tambahnya, Kawasan KEK merupakan prospek cerah untuk daerah Kabupaten yang berkembang. Apalagi seperti Kabupaten Kotabaru yang banyak mempunyai potensi SDA. Selain itu Kotabaru pun layak untuk dijadikan kota maritim nusantara.
Setali tiga uang, Ketua DPRD Kotabaru Alfisyah yang juga berhadir mengatakan badan legislatif Kotabaru sangat mendukung sekali dengan kebijakan penetapan KEK di Kotabaru, karena pasti akan mengembangkan roda perekonomian yang besar sehingga berdampak positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kotabaru.

Dalam presentasinya, Kepala Bappeda Anshar Nur kembali menjelaskan potensi potensi yang terdapat di Kotabaru untuk mendukung pengembangan dan pengelolaan KEK di Mekar Putih Kotabaru.

 Dijelaskannya, Kabupaten Kotabaru sangat layak dijadikan sebagai kawasan KEK. Hal itu dikarenakan saat ini banyak potensi sektor pariwisata dan perikanan yang bisa mendukung terwujudnya KEK di Kabupaten Kotabaru. Selain itu dari letak posisi Kabupaten Kotabaru juga sangat mendukung dan terintegrasi dengan Pengembangan kawasan kota Maritim Nasional dan jalu tol laut.
 “ Kotabaru sangat layak sebagai kawasan KEK, banyak hal pendukungnya yang sudah tercipta sebelumnya di Kotabaru”. Ujar Anshar.
Tambahnya, dari pihak Stakeholder juga mendapat dukungan penuh dari PT. Pelindo III dan PT. Adaro.
Menanggapi hasrat Pemerintah Kabupaten Kotabaru untuk mendapatkan Penetapan KEK diwilayah Kotabaru, Enoh Suharto Pranoto memberikan arahan bahwa untuk pengusulan mendapatkan penetapan KEK Pemerintah Kabupaten Kotabaru harus siap dan matang dalam perencanaan dan pengelolaan nanti.

Diakhir pertemuan, Enoh pun tertari untuk berkoordinasi lagi dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan juga menghadirkan stakeholder PT. Adaro dan PT. Pelindo III yang membackup jalannya pencarian penetapan KEK di Kotabaru.

Comments are closed.