Koordinasi Pencegahan Kebakaran Hutan di Kalimantan Selatan

Rakor Karlutha

Bertempat di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alidrus dan Wakil Bupati Kotabaru Burhanuddin mengikuti Rapat Koordinasi Pencegahan Kebakaran Hutan di Kalimantan Selatan, Senin (07/03).

Terlihat fokus, Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alidrus dan Wakil Bupati Kotabaru Burhanuddin bersama Kepala Daerah lainnya memperhatikan paparan pencegahan hutan oleh narasumber.

Adapun narasumber dalam rapat tersebut yaitu Kapolda dan Danrem Kalimantan Selatan.

Rapat Koordinasi Pencegahan Kebakaran Hutan di Kalimantan Selatan tersebut dibuka dan dimoderatori langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.
Dalam kesempatan itu Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan banyak kerugian yang diakibatkan oleh bencana kebakaran hutan tersebut, oleh sebab itu Sahbirin mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat dan aparat pemerintah Kalimantan Selatan untuk bisa bersinergi dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan, terlebih dalam menghadapi musim kemarau panjang nanti.
“Banyak Kerugian dampak dari Kebakaran Hutan dan Lahan, saya harap kepada Aparat Pemerintah dan lapisan masyarakat untuk bisa bersama sama mencegahnya”.ujar Sahbirin.
Mengingat Kejadian tahun lalu di Provinsi Kalimantan Selatan nyaris menyentuh level merah, tanggap darurat. Tahun ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menekankan agar instruksi Presiden RI Nomor 11 Tahun 2015, tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan dapat ditindaklanjuti dan dilaksanakan sesuai tugas dan kewenangan Badan Dinas Instansi masing masing Kabupaten Kota.
Selain itu, diinformasikan saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menetapkan status siaga darurat bencana banjir, tanah longsor dan puting beliung di Provinsi Kalimantan Selatan berdasarkan keputusan Gubernur Kalimantan Selatan No.188.44/033/Kum/2016 tanggal 8 januari 2016, berlaku tanggal 10 Januari s/d 31 Maret 2016.
Adapun Rapat Koordinasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan Selatan diikuti dari Kepala Daerah/TNI/Polri dan Camat yang tersebar di seluruh Kabupaten Kalimantan Selatan

Comments are closed.