Pencanangan Kampung KB di Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru

Bupati Kotabaru menyerahkan naskah pesan Presiden RI kepada perwakilan BKKBN Provinsi (1) IMG_3598Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alidrus didampngi Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin dan Ketua TP PKK Fatma Idiana Sayid Jafar menghadiri acara Pencanangan Kampung KB di Desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru.

Dalam kesempatan itu, Sayed Jafar menjelaskan Kampung Keluarga Berencana (KB) diperlukan di seluruh desa di Indonesia. Sebab, keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik. Kampung keluarga berencana (kampung kb) adalah salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (kkbpk) secara utuh dan terintegrasi antar bidang, baik internal bkkbn maupun lintas sektor di lini lapangan. selain itu, kampung kb juga merupakan salah satu bentuk atau model miniatur pelaksanaan total program kkbpk secara utuh yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan bkkbn dan bersinergi dengan kementerian/lembaga, mitra kerja, stakeholders instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di tingkatan pemerintahan terendah di seluruh kabupaten dan kota.

“Kita harus memperkuat dan merevitalisasi program KB dan keluarga sejahtera. Jangan hanya berhenti pada pencanangan, tapi harus ada aksi dan gerakan, dengan cara tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik “. Ujar Sayed Jafar,.\

Harapnya, Kampung kb memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Kepala BKKBN Kotabaru Taufik Rivani melaporkan, syarat wajib pembentukan KB adalah tersedianya data kependudukan yang akurat, dukungan komitmen Pemerintah Daera, Partisipasi dari masyarakat.

Tambahnya, Desa Sarang Tiung dipilih sebagai lokasi pencanangan Kampung KB karena angka UNMED NEED masih tinggi (14%), MKJP masih rendah (9.5%), Kemandirian berKB (4.5%), partisipasi masyarakat yang memiliki balita (47.76%), partisipasi keluarga yang memuiliki remaja ikut kegiatan BKR (43,54%) dan Partisipasi keluarga yang memliki lansia ikut BKL (52.38%).

Dalam kesempatan itu Bupati Kotabaru beserta stakeholder yang terkait menandantangani MOU Pencanangan Kampung KB dan Prasasti Kampung KB. Selaim itu Bupati Kotabaru juga menyerahkan Prisma Logo BKKBN dan naskah pesan Presiden RI

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>