Pekan Panutan PBB-P2

IMG_3754
KOTABARU – Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin memberikan penghargaan kepada Kecamatan, penjabat pembuat akta tanah, orang pribadi maupun badan usaha yang dianggap sebagai kader penggerak wajib pajak PBB-P2, wajib pajak BPHTB dan lainnya yang telah memberikan kontribusi terhadap penerimaan daerah pada sektor PBB-P2 dan BPHTB. Penghargaan itu diberikan dalam rangka memperingati Pekan Panutan PBB-P2 yang digelar di aula Dispenda,  Selasa (24/5) tadi.
Burhanudin mengatakan penghargaan itu untuk memberikan motivasi agar penerimaan pajak di daerah semakin meningkat. “Kontribusi pajak besar manfaatnya bagi pembangunan. Keberhasilan pemungutan pajak juga gambaran keberhasilan SKPD,”  ujarnya.
 
Burhanudin memaparkan kalau di tahun 2016 PBB-P2 ditetapkan hanya Rp2,25 miliar. Angka tersebut baru memberikan kontribusi  sekitar 2,23 persen dari total PAD yang ditetapkan Rp100,93 miliar. Bahkan jika dikalkulasikan dengan nilai pajak daerah sebesar Rp47,47 miliar, PBB-P2 hanya memberikan kontribusi hanya 4,95 persen.
 
Untuk itu kata Wakil Bupati, Dispenda harus terus melakukan inovasi agar penerimaan pajak bisa maksimal lagi. “Kesadaran wajib pajak harus ditingkatkan lagi. Maka dari itu perlu peran semua pihak,” tegasnya.
 
Dimintai tanggapannya, Duki warga Kotabaru mengatakan kalau pajak itu sama dengan zakat. “Jadi wajib memang membayar. Tapi saran saya, pemerintah juga harus tegas dalam menegakkam wajib pajak,”katanya. (*).

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>