Acara adat Malasuang Manu dan Lomba perahu katir

mallasuang manu perahu katir
Kabupaten Kotabaru Melaksanakan acara adat Malasuang Manu dan Lomba perahu katir di pantai Batu Jodoh Teluk Aru Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru, Rabu (10/08).
Lomba Perahu Katir dan Malasuang manu merupakan agenda tahunan event pariwasata Kabupaten Kotabaru yang dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus.
Lomba perahu katir sendiri merupakan adu lomba perahu layar yang dilaksanakan nelayan setempat dalam mengisi waktu luang karena angin kencang.
Lomba Perahu Katir ini pun merupakan satu satunya event diindonesia yang diharapkan menjadi obyek pariwisata andalan Kabupaten Kotabaru.
Sedangkan acara adat Malasuang Manu adalah acara ritual adat meminta jodoh kepada Tuhan Yang Maha Esa. Malasuang Manu dikemas dengan melepas sepasang ayam jantan betina di Pulau cinta yang luasnya sebesar 500 m3 yang berisikan batu batu besar dan pohon laut.
Selain melepaskan sepasang ayam jantan dan betina, para muda mudi setempat juga mengikatkan sebuah tali didahan dan ranting pohon laut dengan harapan mendapatkan jodoh yang tidak akan terputus sampai maut yang memisahkan.
Kali ini Bupati Kotabaru Sayed Jafar berkesampatan langsung mengikuti rangkaian event malasuang manu dan membuka secara resmi lomba perahu katir tersebut.
Dalam sambutannya, Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan event adat dan pariwisata malasuang manu dan lomba perahu katir ini merupakan langkah positif dalam menjaga kelestarian adat dan budaya di Kabupaten Kotabaru.
“Pemerintah Kabupaten Kotabaru akan terus mendukung kegiatan – kegiatan dalam rangka menjaga kelestarian adat dan budaya tersebut sehingga nantinya akan menjadi obyek wisata bahari dan budaya diKabupaten Kotabaru”. Jelas Sayed Jafar.
Bupati Kotabaru Sayed Jafar didampingi DANLANAN Kotabaru, KAJARI Kotabaru, Ibu Ketua TP PKK Kotabaru dan Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin beserta rombongan kepala SKPD .

Comments are closed.