Kunjungan Tim Pengawasan Warga Negara Asing (WNA) kantor imigrasi kelas II Tanah Bumbu Kotabaru

img_4383
Tim Pengawasan Warga Negara Asing (WNA) kantor imigrasi kelas II Tanah Bumbu Kotabaru didampingi dari Kanwil Kementrian Hukum dan Ham Provinsi Kalimantan Selatan berkunjung ke Kotabaru terkait tindak pengawasan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang masuk atau keluar wilayah Indonesia, (27/10).
Disampaikan Ahmad Muttaqin yang menjabat sebagai Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II wilayah Tanah Bumbu Kotabaru, saat ini Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan bebas visa bagi warga negara asing (WNA) untuk masuk ke wilayah Indonesia, oleh karena itu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mengharuskan melakukan pengetatan pengawasan terhadap orang asing. Hal tersebut (bebas visa) harus diantisipasi, mengingat bahwa kunjungan Warga Negara Asing ke Indonesia juga memiliki potensi bagi Negara. Terlebih apabila ada WNA yang membawa pengaruh negatif seperti masuknya ideologi asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan kita. Peningkatan kejahatan yang bersifat transnasional, seperti cyber crime, narkotika, dan terorisme.
 
“Kita dari Kantor Imigrasi harus memperketat pengawasan dan deteksi dini terhadap orang asing menyusul maraknya penyalahgunaan izin tinggal, termasuk pelanggaran batas waktu izin menetap sementara (overstay), dan kejahatan transnasional seperti cyber. Narkoba, Terorrisme”. Jelas Muttaqin
 
Muttaqin juga menghimbau kepada masyarakat agar bisa lebih peduli terhadap keamanan lingkungan bersama baik bisa melakukan pencegahan dini, atau membantu melaporkan apabila melihat kegiatan orang asing  yang kurang wajar.
 
Bersamaan dengan itu Kepala Bidang lalulintas dan izin tinggal keimigrasian pada Kanwil Kementrian Hukum dan Ham Arman Adryan menambahkan Tim Pengawasan ini bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat, TNI / Polri.
 
Perketattan dan pengawasan terhadap WNA ini juga atas dasar instruksi Kementrian Hukum dan Ham sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, pengawasan keimigrasian meliputi pengawasan terhadap Warga Negara Indonesia dan pengawasan terhadap Warga Asing. Pengawasan terhadap Warga Negara asing meliputi pengawasan lalu lintas orang asing yang masuk atau keluar wilayah Indonesia, serta pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>