Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (RAKOORWASDA)

img_4518
Wakil Bupati Kotabaru Burhanuddin menghadiri acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (RAKOORWASDA) jajaran Inspektorat di ruang rapat H. Aberani Sulaiman di gedung Gubernur Kalimantan Selatan, Banjarbaru (17/11). Penyelenggaraan kegiatan tersebut guna mensinergitaskan kegiatan pengawasan perencanaan dan pembangunan di daerah agar lebih terarah.

Dikatakan Wakil Bupati Kotabaru Burhanuddin, Rakorwasda sebagai kegiatan yang sangat strategis. Kegiatan ini dimanfaatkan jajaran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) untuk menyamakan persepsi dan membangun sinergi yang lebih baik. Lebih dari itu, dia menilai kegiatan ini dapat mencegah terjadinya pengawasan yang tumpang tindih.
“Rakoorwasda ini merupakan kegiatan yang sangat strategis karena dinilai dapat mencegah terjadinya pengawasan yang tumpang tindih antara pengawas pusat dan daerah dan persamaan persepsi bisa dicapai sehingga pembangunan lebih terarah”. Ujar Burhanuddin.
Tambahnya, sinergi program pengawasan tersebut terutama dalam pengawasan terhadap pencapaian RPJMN dan RPJMD,dengan terus menjaga dan memelihara konsistensi dalam membangun kinerja pengawasan yang profesional, terintegrasi dan terkoordinasi antar aparat pengawasan dan jajaran pemerintah di daerah.
Harapnya, kegiatan ini bisa dimanfaatkan jajaran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) untuk menyamakan persepsi dan membangun sinergi yang lebih baik. Selain itu Materi yang diperoleh nantinya juga dapat menjadi bekal bagi jajaran inspektorat Pemerintah Kabupaten Kotabaru untuk mengoptimalkan fungsinya sehingga dapat meraih opini yang lebih baik atas pemeriksaan laporan keuangannya dan tata kelola pemerintahan yang baik.
Rakoorwasda di jajaran inskpektorat tersebut bertujuan meningkatkan sinergitas dalam pelaksanaan fungsi pengawasan. Selain itu, rakor juga bertujuan menyamakan persepsi di kalangan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), sehingga terlaksanaya tata kelola keuangan dan pemerintahan yang baik.
Pengawasan adalah proses dalam menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan kinerja yang telah ditetapkan tersebut. Controlling is the process of measuring performance and taking action to ensure desired results. Pengawasan adalah proses untuk memastikan bahwa segala aktifitas yang terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan . The process of ensuring that actual activities conform the planned activities.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>