Embung Tirawan Resmi Dioperasikan

Peresmian pengoperasian embung tirawan dilakukan selepas pelaksanaan peringatan hari jadi Kabupaten Kotabaru ke 67 tahun 2017 di Desa Tirawan Kecamatan Pulau Laut Utara, Rabu (31/05).

Peresmian embung dihadiri oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar dan wakilnya Burhanudin, Forkopinda, Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah beserta jajarannya, dan Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II Wahyu Nugroho.

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar mengatakan dalam sambutannya bahwa Kotabaru akan membuat Tiga embung lagi kedepannya untuk mengatasi kemarau yang sering terjadi.

” Tadi Bapak gubernur sudah bersama kita memencet tombol tanda diresmikannya embung tirawan ini,” katanya.

“Semoga dengan ini Kotabaru mendapatkan berkah Allah SWT,” harapnya.

Selain itu, H. Sayed menyampaikan dengan adanya embung tirawan ini kita sangat bersyukur, selanjutnya akan kita bebaskan pula wilayah di sekitar gunung perak untuk kita buat embung juga, agar krisis air akan teratasi.

“Sebelum kita buat embung tentu kita akan mencari debit airnya dulu kemudian akan kita alirkan ke dalam embung,” terang Sayed.

Direktur PDAM kotabaru mengatakan bahwa hingga saat ini kotabaru memiliki dua embung, yaitu embung tirawan dan embung gunung ulin, sedangkan untuk embung gunung perak direncanakan akan dibangun tahun depan.

Noor Ipansyah menyampaikan pula mengenai rencana pembangunan Tiga embung selanjutnya, yaitu embung Gunung Perak, embung Gunung Ulin dua, dan embung Gunung Mandin. (Em)

IMG-20170601-WA0003

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>